Jumat, 08 Juli 2011

Perkembangan Peserta Didik


TOPIK : INDIVIDU DAN KARAKTERISTIKNYA
KELOMPOK : 1
KESIMPULAN :
Individu berarti tidak dapat dibagi dan tidak dapat dipisahkan keberadaannya sebagai makhluk yang pilah,tunggal, dan khas. Perbedaan-perbedaan individu dan karakteristiknya yaitu perbedaan kognitif,perbedaan individual dalam kecakapan bahasa,perbedaan dalam kecakapan motorik,perbedaan dalam latar belakang,perbedaan dalam bakat, dan perbedaan dalam kesiapan belajar. Aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan remaja meliputi pertumbuhan fisik, aspek-aspek intelek,emosi,sosial,bahasa,bakat khusus,nilai dan moral serta sikap.


TOPIK : Remaja,Pertumbuhan dan Perkembangannya (A)
KELOMPOK : 2
KESIMPULAN :
Remaja adalah tahap perkembangan transisi yang membawa individu dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yg sehat,dalam perjalanan waktu tertentu. Sedangkan perkembangan adalah proses perubahan dalam pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksi dengan lingkungan. Hukum-hukum pertumbuhan dan perkembangan yaitu hukum cephalocoudal,hukum proximodistal,perkembangan terjadi dari umum ke khusus,perkembangan berlangsung dalam tahapan-tahapan perkembangan, hukum tempo dan ritme perkembangan.


TOPIK : Remaja,Pertumbuhan dan Perkembangannya (B)
KELOMPOK : 2
KESIMPULAN :
Tugas-tugas pertumbuhan dan perkembangan adalah  mencapai hubungan dengan lawan jenisnya,mencapai perasaan seks dewasa,menerima keadaan fisiknya,mencapai kebebasan emosional,mencapai kebebasan ekonomi,memilih dan menyiapkan suatu pekerjaan,menyiapkan perkawinan,mengembangkan keterampilan,bertanggung jawab,dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Hukum-hukum pertumbuhan dan perkembangan yaitu hukum cephalocoudal,hukum proximodistal,perkembangan terjadi dari umum ke khusus,perkembangan berlangsung dalam tahapan-tahapan perkembangan, hukum tempo dan ritme perkembangan. Karakteristik remaja dalam pertumbuhan dan perkembangannya disamping tanda-tanda seksual dan pertumbuhan fisiknya juga adanya perkembangan psikologis.


TOPIK : Kebutuhan Remaja
KELOMPOK : 3
KESIMPULAN :
Kebutuhan remaja adalah suatu keinginan/kebutuhan biologis maupun psikologis. Ada 3 kelompok kebutuhan,yaitu kebutuhan primer/kebutuhan utama seperti makan dan minum,kebutuhan sekunder seperti kebutuhan akan pengetahuan,hiburan,dll dan yang terakhir adalah kebutuhan tersier/mewah seperti mobil,perhiasan,dll. Masalah kebutuhan remaja adalah kegagalan dalam mengatasi ketidakpuasan mengakibatkan menurunnya harga diri,tidak percaya diri,pendiam,sulit berinteraksi dengan sebayanya,dan masalah nilai dan norma dalam masyarakat.


TOPIK : Pertumbuhan Fisik (A)
KELOMPOK : 4
KESIMPULAN :
Pertumbuhan fisik adalah perubahan perubahan fisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja. Penyebab pertumbuhan fisik adalah adanya dua kelenjar yaitu kelenjar pituitry dan hypothalmus yang  aktif bekerja dalam sistem endoktrin yang menyebabkan terjadi pertumbuhan ukuran tubuh. Pengaruh pertumbuhan fisik terhadap tingkah laku adalah semakin bertumbuh semakin beragam dan semakin dewasa sifat dan tingkah laku kita.


TOPIK : Pertumbuhan Fisik (B)
KELOMPOK : 4
KESIMPULAN :
Karakteristik pertumbuhan fisik,pada pria terjadinya pertumbuhan tulang tulang,testis membesar,tumbuh bulu,dll. Pada wanita terjadi pertumbuhan tulang,payudara,terjadi menstruasi,dll.faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik adalah faktor internal(yang berasal dari dalam diri) dan faktor eksternal (yang berasal dari luar). Perbedaan individual dalam perkembangan fisik terjadi karena faktor keturunan,gizi,dan stimulasi lingkungan hidup.upaya membantu pertumbuhan fisik adalah dengan cara menjaga kesehatan,olahraga,dan mengkonsumsi makanan yang baik bagi pertumbuhan. Mengimplikasikannya dalam pendidikan dengan cara mengadakan jam jam olahraga.


TOPIK : Perkembangan emosi peserta didik
KELOMPOK : 5
KESIMPULAN :
Emosi adalah suatu perasaan dan pikiran yang khas,suatu keadaan biologis dan psikologis yang cendrung untuk bertindak. Karakteristik emosi remaja adalah cinta/kasih sayang kepada seseorang,gembira,amarah,takut akan sesuatu,cemas,cemburu,sedih,dll. Faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi remaja adalah belajar dengan coba coba,dengan meniru,dan belajar dibawah bimbingan dan pengawasan. Perkembangan individu dalam perkembangan emosi seperti anak yang berlebihan emosinya karena keadaan lingkungan,keadaan fisik,dan kemampuan intelektualnya. Hubungan emosi dan tingkah laku seperti rasa takut yang berlebihan dapat menyebabkan gemetaran,dan perasaan yang gembira menyebabkan seorang anak selalu ceria. Dan yang terakhir adalah upaya membantu mengembangkan emosi remaja dengan cara mengembangkan keterampilan emosional, kognitif, dan keterampilan bekerjanya.


TOPIK : Perkembangan Intelek (A)
KELOMPOK : 6
KESIMPULAN :
Intelek adalah kemampuan/kecakapan untuk berpikir,mengamati suatu hubungan dan perbedaan. Karakteristik perkembangan intelek meliputi karakteristik tahap sensori-motorik,praoperasional,operasional konkret,dan tahap operasional formal. Tingkahlaku orang  yang intelek berbeda dengan orang biasa,orang intelek cenderung lebih pendiam dari orang biasa yang kebanyakan banyak omongnya tetapi tidak tahu apa-apa.


TOPIK : Perkembangan Intelek (B)
KELOMPOK : 7
KESIMPULAN :
Faktor faktor yang mempengaruhi perkembangan intelek seperti keluarga,lingkungan,dan sekolah. Bertambahnya informasi dan banyaknya pengalaman serta kebebasan berpikir membuat adanya perbedaan dalam perkembangan intelek seseorang. Usaha dalam membantu mengembangkan intelek remaja adalah dengan cara pendekatan keterampilan dan dengan memberi penekanan pada penguasaan konsep konsep.



TOPIK : Perkembangan Sosial Remaja (A)
KELOMPOK : 8
KESIMPULAN :
Hubungan sosial adalah suatu hubungan sosial sesama manusia seperti bersosialisasi atau semacamnya. Karakteristik hubungan sosial remaja terbagi dua yaitu anak yang tertutup atau anak yang tidak mau menceritakan masalahnya dengan orang lain dan anak yang terbuka yaitu anak yang selalu bersosialisasi dengan semua orang. Pengaruhnya anak yang tertutup cenderung pendiam dan anak yang terbuka cenderung ceria.



TOPIK : Perkembangan Sosial Remaja (B)
KELOMPOK : 9
KESIMPULAN :
Faktar faktor yang mempengaruhi hubungan sosial adalah keluarga,kematangan anak,status sosial,pendidikan,dan kapasitas mental emosi dan inteligensi. Setiap individu mempunyai caranya sendiri dalam berhubungan sosial,contohnya bayi yang belum bisa berbicara,apabila dia lapar dia akan menangis dan itu memberitahukan orang disekitarnya bahwa dia sedang lapar. Upaya mengembangkan hubungan sosial dengan cara menciptakan suatu kelompok sosial yang akan bermanfaat bagi yang lainnya.



TOPIK : Perkembangan Bahasa Remaja (A)
KELOMPOK : 10
KESIMPULAN :
Perkembangan bahasa adalah meningkatnya kemampuan penguasaan alat berkomunikasi,baik alat komunikasi dengan cara lisan,tertulis,maupun menggunakan tanda tanda dan isyarat. Karakteristik bahasa keluarga dari masyarakat yang berpendidikan rendah cenderung kasar daripada keluarga yang berpendidikan tinggi. Hubungan kemampuan berbahasa dan kemampuan berpikir sangat berpengaruh,contohnya seseorang yang rendah kemampuan berpikirnya,dia pasti akan kesulitan menyusun kalimat yang baik dan sistematis. Hal ini akan berakibat sulitnya berkomunikasi.



TOPIK : Perkembangan Bahasa Remaja (B)
KELOMPOK : 11
KESIMPULAN :
Faktor faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa adalah umur seseorang,lingkungan,kecerdasan,status sosial dan kondisi fisik. Perbedaan kemampuan bahasa tergantung pada IQ,seseorang anak dengan IQ tinggi akan berkemampuan bahasa tinggi begitu juga sebaliknya. Upaya mengembangkan bahasa remaja dan mengimplikasikannya dalam pendidikan adalah dengan cara menyuruh anak murid untuk mengulang atau menceritakan kembali suatu peristiwa yang pernah dialaminya disitu kita bisa melihat atau mengidentifikasi kemampuan bahasa murid tersebut.



TOPIK : Perkembangan Nilai,Moral,dan Sikap Remaja (A)
KELOMPOK : 12
KESIMPULAN :
Nilai adalah norma yang berlaku dalam masyarakat seperti kebiasaan dan sopan santun.norma adalah ajaran tenggang baik buruknya perbuatan dan kelakuan,serta akhlak dan kewajiban. sedangkan sikap adalah kesediaan bereaksi individu terhadap suatu hal. Karakteristik dari nilai,norma,dan sikap adalah penuh makna seperti nilai nilai agama,perikemanusiaan,intelektual,norma kesusilaan,norma hukum,dan berujung pada suatu sikap. Hubungan ketiganya adalah nilai perlu dikenal terlebih dahulu,kemudian dihayati dan didorong oleh norma,baru akan terbentuk suatu sikap tertentu.


TOPIK : Perkembangan Nilai,Moral,dan Sikap Remaja (B)
KELOMPOK : 13
KESIMPULAN :
Faktor faktor yang mempengaruhi  nilai,moral,dan sikap remaja adalah lingkungan. Apabila seorang anak tinggal di lingkungan yang baik maka moral dan sikapnya akan baik pula hal ini berbeda dengan seorang anak yang tinggal dilingkungan yang kurang baik,maka moral dan sikapnya kurang baik pula. Upaya untuk mengembangkan nilai,moral,dan sikap adalah dengan cara menciptakan komunikasi atau berkomunikasi, menciptakan iklim lingkungan yang serasi,dll. Dan mengimplikasikannya dalam pendidikan adalah dengan cara mempraktekkan nilai,moral,dan sikap itu sendiri dan guru membimbingnya.


TOPIK : Penyesuaian Diri Remaja
KELOMPOK : 14
KESIMPULAN :
Konsep penyesuaian diri merupakan suatu susunan/cara untuk menyesuaikan diri. Proses penyesuaian diri adalah suatu tahap tahap dalam penyesuaian diri contohnya seorang anak yang baru pindah sekolah,maka dia perlu tahap tahap/proses untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah barunya. Faktor faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri remaja ialah kondisi fisik,lingkungan,perkembangan dan kematangan,dll. Dan permasalahan dalam penyesuaian diri adalah berasal dari keretakan keluarga karena kebanyakan remaja yang hidup didalam rumah tangga yang retak cenderung sulit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Hal ini yang membuat remaja itu sulit berkembang dan peran guru sangat penting terhadap masalah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar